Jumat, 28 November 2008

Cisco Perkenalkan Inovasi Terbaru Cisco ASR 9000

Astaga!HidupGaya - Pada hari ini (27/11) Cisco mengumumkan sebuah inovasi baru dalam teknologi jaringan untuk jaringan edge penyedia layanan dan operator dengan memperkenalkan Cisco® Aggregation Services Router 9000 Series (ASR 9000). Cisco ASR 9000 dirancang untuk memberikan layanan video non-stop berskala masif, dengan emisi karbon yang lebih rendah.

Cisco ASR 9000 memenuhi kebutuhan penyedia layanan dan operator akan peningkatan kecepatan, daya tahan yang lama, layanan yang kaya, dan efisiensi dari jaringan edge. Seluruh kebutuhan ini didorong oleh peningkatan yang sangat tinggi akan lalu lintas video dan data lewat jaringan telepon, kabel, dan selular.

Cisco ASR 9000 mengikuti perkenalan Cisco ASR 1000 Series delapan bulan yang lalu, yang merupakan aggregation services router yang pertama dari Cisco. Dengan Cisco CRS-1 Carrier Routing System (CSR) 92-terabit di jaringan core, Cisco menawarkan solusi terlengkap core dan edge untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan kecepatan dan skalabilitas dalam “era zettabyte”.

“Bagi para penyedia layanan dan operator, Cisco ASR 9000 menawarkan skalabilitas yang luar biasa dan arsitektur yang optimal bagi layanan, yang benar-benar menetapkan sebuah standar baru di industri bagi sistem Carrier Ethernet untuk era zettabyte,” kata Pankaj Patel, Senior Vice President dan General Manager, Service Provider Technology Group, Cisco. “Platform ini dirancang untuk transformasi IP NGN dan dakan digunakan sebagai pondasi transpor Carrier Ethernet untuk pertumbuhan data video dan mobilitas. Secara spesifik, Cisco ASR 9000 dioptimalkan untuk pengantaran video dan media kaya yang lebih baik dibandingkan platform lain di pasar.”

Laporan “Cisco Visual Networking Index (VNI) Forecast and Methodology, 2007-2012” menyatakan penemuan-penemuan penting dalam berbagai tren jaringan Internet Protocol (IP) bagi konsumen dan bisnis yang sebagian besar didorong oleh meningkatnya penggunaan video dan aplikasi kolaborasi bisnis dan jejaring sosial Web 2.0. Proyeksi Cisco VNI mencatat bahwa lalu lintas IP akan meningkat dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 46 persen dari 2007 hingga 2012, hampir dua kali lipat setiap dua tahun. Ini akan menghasilkan permintaan bandwidth tahunan di jaringan IP dunia sebesar 522 exabyte, atau hampir setengah zettabyte. Permintaan di jaringan ini setara dengan download 125 milyar film DVD per bulan.

Cisco ASR 9000 sepuluh-slot dan enam-slot menawarkan berbagai inovasi hardware dan software baru untuk pengantaran jaringan visual dalam “era zettabyte.” Inovasi tersebut adalah:

· Skalabilitas tanpa tanding
Cisco ASR 9000 menyediakan hingga enam kali kapasitas solusi edge-router sekelasnya, dengan maksimal kapasitas total sebesar 6,4 terabit per detik dan hingga empat kali kecepatan line-card yang tersedia di pasar, dengan 400 gigabit per slot. Cisco ASR 9000 juga akan memperpanjang IP over dense wavelength-division multiplexing (IPoDWDM) dengan layanan Ethernet ke agregasi edge dengan mengintegrasikan transponder optis. Dengan menyediakan IPo DWDM dari core ke edge dengan router Cisco CRS-1, Cisco XR-12000 dan Cisco 7600 Series , Cisco IP Next-Generation Network (IP NGN) secara signifikan mengurangi kerumitan jaringan dan biaya, sambil sekaligus mengurangi emisi karbon.

· Pengalaman video non-stop
Cisco ASR 9000 memiliki Cisco Advanced Video Services Module (AVSM), sebuah inovasi utama yang memungkinkan kapasitas streaming di agregasi edge sambil secara simultan menawarkan kemampuan content caching, iklan, perubahan kanal dengan cepat dan perbaikan kesalahan. Cisco AVSM menghilangkan kebutuhan akan elemen jaringan khusus untuk pengantaran konten dan memiliki seluruh karakter ketersediaan tinggi dari router ini, yang mengoptimalkan titik penambahan untuk layanan-layanan konten tingkat lanjut dan memindahkan sumber konten lebih dekat ke konsumen. Perubahan kanal yang cepat dan perbaikan kesalahan terintegrasi untuk lalu lintas video unicast dan multicast membantu memastikan kesalahan bisa dideteksi oleh set-top box manapun dan dikirimkan ulang dalam waktu milidetik untuk mempertahankan sebuah pengalaman visual yang transparan dan optimal bagi penonton.

· Pengurangan total cost of ownership untuk layanan mobilitas
Cisco ASR 9000 Series menawarkan kapasitas enam kali lebih banyak dibandingkan produk pesaingnya untuk backhaul Carrier Ethernet. Setiap line card Cisco ASR 9000 juga SyncE-ready, yang memampukannya untuk bekerja dengan router situs selular untuk pengantaran kemampuan handoff yang sempurna, menghilangkan kebutuhan akan slot khusus untuk kartu penyelerasan tambahan dan biaya yang ditimbulkannya.

· Pengurangan emisi karbon
Daya modular dirancang untuk berkembang bersama dengan kapasitas sistem, memungkinkan penyedia layanan dan operator untuk menyamakan jumlah daya yang digunakan. Unit enam-slot memiliki keuntungan rancangan yang menggunakan skema ventilasi sisi samping-ke-belakang yang sedang dipatenkan, yang membantu penyedia layanan dan operator membebaskan ruang rak pinggir. Ketika dibandingkan dengan pesaing, setiap unit 6,4 terabit diperkirakan akan menghemat karbon yang setara dengan 88 ton batu bara, 164 perjalanan antar-pasifik atau 16 perjalanan keliling dunia dengan mobil, setiap tahunnya.

· Layanan edge yang lebih baik dengan Cisco QuantumFlow Processor
Cisco ASR 9000 memiliki kapasitas tanpa tanding dan telah dirancang untuk menawarkan pengelolaan pelanggan tingkat lanjut dan juga menggunakan Cisco QuantumFlow Processor untuk mengantarkan layanan keamanan berbasiskan silicon dan video seperti Cisco ASR 1000. Dengan menghilangkan berbagai appliance jaringan fungsi-tunggal, Cisco ASR 9000 secara substansial mengurangi emisi karbon penyedia layanan dan operator, yang menghasilkan efisiensi lebih tinggi untuk jaringannya, biaya operasional yang lebih rendah dan kepemimpinan lingkungan yang lebih tinggi.

· Diberdayai oleh Cisco IOS XR
Cisco ASR 9000 memanfaatkan keluarga Cisco IOS® Software yang menjadi standar industri, yang dioptimalkan untuk core, edge, branch, dan data center. Cisco IOS XR Software menawarkan operasional sistem non-stop, kemampuan upgrade in-service, dan dukungan untuk penyesuaian distribusi pengantaran layanan bisnis dan perumahan. Beroperasi di lebih dari 200 jaringan penyedia layanan dan operator di seluruh dunia, Cisco IOS XR membantu memampukan tingkat-tingkat baru akan skalabilitas, ketersediaan tinggi dan kehandalan di sisi jaringan untuk mendukung pengantaran layanan video non-stop dan peningkatan pengalaman pelanggan.

“Generasi awal router edge tidak dirancang untuk menangani pertumbuhan masif yang didorong oleh video IP untuk jaringan selular dan telepon tetap. Softbank Corporation mencari solusi inovatif yang memungkinkan kami untuk mengurangi biaya, tetap di depan dan menggabungkan jaringan pita lebar, selular dan bisnis menjadi sebuah infrastruktur umum,” kata Junishi Miyakawa, Executive Vice President, Direktur, dan CTO, SOFTBANK MOBILE, SOFTBANK BB, SOFTBANK TELECOM. “Cisco ASR 9000 menawarkan perlindungan investasi, kapasitas bandwidth masif, dan kemampuan layanan yang sempurna dalam sebuah rancangan yang sangat handal dan efisien yang memberikan kami keluwesan untuk membangun sebuah jaringan IP NGN yang canggih baru layanan mobile dan video 4G kami.”

SOFTBANK merupakan pelanggan pertama untuk Cisco ASR 9000. Dan router ini sedang diuji coba oleh beberapa penyedia layanan dan operator kelas satu di Amerika Utara dan Eropa. Harga untuk sistem ini adalah dimulai dari US$ 80,000, dan dijadwalkan akan tersedia mulai kuartal pertama tahun 2009.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut tentang Cisco ASR 9000 Series kunjungi http://www.cisco.com/go/asr9000.

ref.astaga.com

Tidak ada komentar: